Cara Menggoreng Telur Rebus yang Aman

Thursday, December 1, 2016


Saya termasuk orang yang menyukai balado telur yang telurnya digoreng terlebih dahulu. Telur rebus yang digoreng menurut saya rasanya berbeda dengan telur rebus biasa, gimana ya, pokoknya lebih enak lah. Kalau sudah dikombinasikan dengan sambal yang ditumis terlebih dahulu, rasanya sangat pas. 

Waktu awal-awal belajar memasak, menggoreng telur rebus ini sedikit menimbulkan masalah. Saat digoreng, biasanya telurnya meletus sehingga minyaknya muncrat ke mana-mana, dan dapur menjadi kotor. Apalagi kalau sudah muncrat sampai ke tangan, pasti jadi luka bakar.

Setelah beberapa kali memasak, masalah ini menemukan solusinya. Telur rebus yang saya goreng tidak meletus lagi. Ini terjadi karena minyak untuk menggoreng harus dalam keadaan panas, baru telurnya dimasukkan. Dengan cara ini, telur bisa digoreng dengan aman tanpa menimbulkan muncratan minyak panas. Telur juga tidak lengket di penggorengan jika minyaknya dalam keadaan panas. 

Tetapi minyaknya jangan sampai terlalu panas ya. Menurut pengalaman saya, kalau minyaknya terlalu panas, telurnya cepat gosong.

Minyak yang saya gunakan tidak terlalu banyak, maka warna telur yang digoreng hanya cokelat keemasan pada beberapa bagian saja. Saya memang lebih suka telur rebus goreng seperti ini. Kalau permukaan kulit pada telur berubah semua karena digoreng, biasanya saat dipotong agak susah.

Tetapi kalau Anda suka telur rebus yang permukaannya menjadi cokelat semua karena digoreng, gunakan minyak yang banyak saat menggoreng hingga telur terendam. Cara ini pernah saya lihat dalam acara masak-masak ibu Sisca Soewitomo di TV. Ibu Sisca menggunakan minyak yang banyak saat menggoreng telur rebus. Hasilnya, permukaan telur rebus berwarna kecokelatan semua dan tampak agak tebal. Saat digoreng, minyaknya juga tidak muncrat karena dalam keadaan panas.


Selain digoreng saat minyak dalam keadaan panas, agar aman menggoreng telur rebus, ada juga saran lain untuk menyayat permukaan telur terlebih dahulu, baru setelah itu digoreng. Saya sih belum pernah mencoba cara ini, tetapi kalau Anda ingin mencobanya silakan saja. Hal yang paling penting adalah bisa menggoreng telur rebus dengan aman dan mudah.

2 comments:

cameliareviews said...

Ternyata segala sesuatu itu ada tekniknya ya. Sekarang saya tahu deh rahasia telur yang cantik kuning keemasan.

Eva Taurisia said...

Betul mbak, segala sesuatu ada tekniknya. Silakan dicoba:)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS