Tumis Ikan Asin Kepala Batu dan Jagung Manis

Monday, July 3, 2017



Lebaran kemarin adalah saatnya makan ketupat dengan aneka menu berbahan daging sapi dan ayam dengan bumbu bersantan. Sore hari di hari pertama Lebaran, saya melihat banyak warung bakso yang dikunjungi orang. Sepertinya mereka sudah sangat puas menyantap menu Lebaran seperti yang disebutkan di atas sehingga menginginkan makanan lain yang terasa ringan. Tak heran jika bakso berkuah yang panas dan segar menjadi pilihan.  

Selain bakso, ikan asin juga banyak difavoritkan orang setelah Lebaran berlalu.  Cukup digoreng saja dan disantap dengan sayur asem, pasti kepingin nambah lagi. Tiba-tiba saya pun ingin menyantap tumis ikan peda asin dengan jagung manis. Saya suka sekali dengan menu ini. Cukup disantap bersama nasi hangat, rasanya sudah sedap. Mungkin sudah banyak yang tahu juga ya, dengan menu ini. Akhirnya diniatkan untuk membuat masakan ini.

Sesampainya di kios penjual ikan asin, niat untuk membeli ikan peda berubah dan malah membeli ikan kepala batu. Entah mengapa namanya kepala batu, apakah mungkin karena susah menerima saran atau bagaimana☺. Kalau Anda belum tahu juga seperti saya, silakan lihat bentuk ikan kepala batu di bawah ini. 


Saya mengetahui ikan kepala batu ini beberapa bulan yang lalu. Sewaktu pertama kali membeli, ikan hanya digoreng saja. Menurut saya, tekstur ikan ini mirip ikan peda. Daging ikannya terasa kenyal.  Saya pun berpikir kalau ikan ini sepertinya cocok juga ditumis dengan jagung manis seperti ikan peda.

Menurut saya ikan asin kepala batu ini rasa asinnya sama dengan ikan peda. Asin sekali. Makanya, sebelum digoreng, ikan direndam dahulu dengan air bergaram. Wah, bukannya malah tambah asin? Ternyata tidak, tuh. Rasa asinnya malah berkurang. Trik ini saya dapatkan dari teman blogger saya, Mbak Monica Rampo. Thanks, Mbak Monic☺.

Meskipun rasa asin pada ikan sudah berkurang, saya tidak menambahkan garam pada tumisan bumbu. Karena jika ditambahkan garam, menurut lidah saya masakannya jadi asin sekali. Tanpa garam, rasa asinnya sudah pas. Langkah ini saya terapkan juga jika memasak ikan asin jenis lain yang dicampur dengan tumisan bumbu atau bumbu yang dihaluskan.

Setelah masakan jadi dan dicicipi, ternyata sama enaknya seperti menggunakan ikan peda. Ikan kepala batu yang bertekstur kenyal berpadu dengan jagung manis yang gurih. Apalagi rasanya juga cukup pedas. Kalau mau ditambah pete, boleh juga. Pasti tambah ketagihan.

Bahan

3 ekor ikan asin kepala batu
80 gram jagung manis yang sudah dipipil
3 bawang merah ukuran sedang
2 bawang putih ukuran sedang
1 tangkai daun bawang sedang
1 buah tomat ukuran sedang
3 cabai rawit merah
5 cabai hijau
1 daun salam ukuran besar
2 cm lengkuas, dikeprek
100 ml air
Minyak untuk menggoreng dan menumis

Cara Membuat:

1.Rendam ikan di dalam air bergaram selama 20 menit. Garam yang digunakan sekitar 3/4 sendok teh. Setelah 20 menit, buang airnya.
2.Iris-iris bawang merah, bawang putih, cabai, tomat, dan daun bawang.
3.Goreng ikan hingga matang. Sisihkan.
4.Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Tambahkan cabai, tomat, dan daun salam. Aduk-aduk hingga semua layu.
5.Masukkan jagung manis, aduk-aduk hingga tercampur rata dengan bumbu.
6.Masukkan ikan yang sudah digoreng, aduk-aduk hingga tercampur rata dengan bumbu.
7.Tambahkan air untuk mematangkan jagung. Aduk-aduk sebentar.
8.Tunggu hingga air menyusut dan jagung matang. Jika air sudah mulai menyusut, masukkan daun bawang, dan aduk-aduk sebentar.
9.Angkat tumis ikan dari kompor.




No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS