Sarapan dengan Nasi Goreng Oncom

Tuesday, December 13, 2016


Rencananya pagi ini saya mau buat tumis oncom dan tumis kangkung. Tetapi sebelum mulai memasak, kok malah pengen sarapan dengan nasi goreng, ya? Sambil melirik si oncom, saya berpikir “kalau oncom ditambahkan ke dalam nasi goreng, kira-kira enak nggak ya?
Ya sudah, akhirnya saya bereksperimen membuat nasi goreng dengan oncom ini.

Bumbu-bumbu yang saya gunakan sama dengan nasi goreng biasa, tetapi tanpa kecap manis. Oncomnya dihancurkan secara kasar dan tidak sampai halus sekali. Saya lebih suka jika oncomnya dalam keadaan seperti itu. Saya juga menambahkan sedikit daun bawang. Sayang di foto ini, daun bawangnya ngumpet di bawah nasi gorengnya, jadi tidak terlalu kelihatan.

Hasilnya ternyata tidak mengecewakan. Adanya tambahan oncom menimbulkan rasa yang berbeda. Ditambah mentimun, tomat, dan kerupuk, nasi goreng ini jadi tambah enak rasanya. Kalau mau ditambah telur ceplok atau telur dadar sepertinya juga sangat cocok. Silakan coba nasi goreng oncom ini, mungkin Anda juga suka.

Bahan
200 gram              Nasi putih
60 gram                Oncom
3 buah                  Cabai merah
2 siung                  Bawang merah
2 siung                  Bawang putih
½ tangkai              Daun bawang
½ sendok teh        Garam
3 sendok makan    Minyak goreng
Terasi seukuran kira-kira ¼ ibu jari

Pelengkap
Mentimun, tomat, dan kerupuk

Cara Membuat
1.Hancurkan oncom, sisihkan.
2.Haluskan cabai merah, bawang merah, bawang putih, terasi, dan garam.
3.Iris-iris daun bawang.
4.Panaskan minyak, tumis bumbu hingga harum.
5.Masukkan oncom, aduk-aduk sebentar.
6.Masukkan nasi, aduk-aduk bersama oncom dan bumbu hingga rata.
7. Masukkan daun bawang, aduk-aduk. 
8.Masak nasi goreng hingga matang dan oncom berubah warna menjadi kecokelatan.
9.Tata nasi goreng di piring bersama pelengkapnya.





No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS