Balado Terong Saus Tiram

Thursday, April 20, 2017


Kalau berhadapan dengan terong, menu yang terpikirkan oleh saya pasti balado terong. Akhirnya terong ini hanya dimasak dengan cara dibalado melulu. Padahal kepingin juga membuat olahan lain.


Akhirnya saya coba buat menu balado terong saus tiram ini. Sebenarnya simpel saja, bumbu baladonya hanya ditambah saus tiram. Ini bermula karena melihat resep terong yang menggunakan saus tiram di balik kemasan saus tiram Saori. Hanya saja bumbu-bumbu dalam resep tersebut cuma diiris-iris saja.

Proses memasaknya sama seperti memasak balado terong biasanya. Terongnya dipotong-potong memanjang lalu digoreng, buat bumbu baladonya, lalu tumis seperti biasa, dan tambah saus tiram. Terong memiliki tekstur yang kempis menurut saya, jadi gampang menyerap minyak. Kalau minyak yang digunakan untuk menggoreng sedikit, terongnya masih agak keras. Saat dimakan juga kurang enak. Jadi sepertinya memang butuh minyak yang agak banyak untuk menggorengnya sehingga terongnya bisa empuk dan enak dimakan. 

Wah, sebenarnya agak khawatir, terlalu banyak minyak yang masuk ke dalam tubuh sepertinya nggak bagus buat kesehatan. Solusinya, minyak untuk menggoreng terong saya takar secukupnya saja. Jumlah potongan terong yang dimasukkan ke dalam wajan setiap kali menggoreng juga diusahakan agak banyak. Kalau jumlahnya sedikit, pasti minyak gorengnya dengan mudah diserap terong.

Setelah matang, penampilan balado terong ini memang tidak ada bedanya dengan balado terong yang seperti biasanya. Setelah dicicipi, rasa baladonya juga masih terasa. Hanya saja ada jejak-jejak gurih saus tiramnya. Inilah yang membuat beda dari balado terong biasanya. Lumayan, saya punya referensi baru untuk mengolah terong jika bosan dengan balado terong biasa.

Bahan
300 gram terong
1 buah tomat
6 buah cabai merah
4 siung bawang merah
2 siung bawang putih
¾ sendok teh garam
½ sendok teh gula pasir
1 sendok makan saus tiram
70 ml air
Minyak untuk menggoreng terong dan menumis

Cara Membuat
1.Potong-potong terong secara memanjang atau sesuai selera.
2.Haluskan cabai merah, bawang merah, bawang putih, tomat, garam, dan gula pasir.
3.Goreng terong hingga empuk dan berubah warna.
4.Tumis bumbu halus hingga harum.
5.Tambahkan air dan saus tiram, aduk-aduk hingga rata (cicipi dulu, kalau terasa kurang gurih, saus tiram boleh ditambah sesuai selera).
6.Masukkan terong, aduk-aduk hingga tercampur rata dengan semua bumbunya. Angkat dari kompor.
    


    


6 comments:

Sandra Hamidah said...

Saya mulai coba masak terong setelah menikah, rasanya yg hambar emang harus pinter ngolah bumbu ya mbak^^ tfs ya nanti coba saya praktikan resepnya hehe

Eva Taurisia said...

Mungkin harus berani bumbu juga, Mbak Sandra. Semoga resepnya cocok:)

AriWarna 아리야양 said...

mirip sambel terong yach... :D

Eva Taurisia said...

Iya, mirip:)

Sitti Taslimah said...

Melihat terong dicabein, Balado terong maksudnya, hehehe... mmmm...., sepertinya enak banget. Tapi saya tidak suka makan terong, mba. Diolah semenarik apapun, pas icip-icip, tetap tidak suka. Padahal salah satu makanan kaya anti oksidan ya kalo tidak salah.

Eva Taurisia said...

Terong juga bukan sayuran favorit saya. Tetapi karena suka bingung menentukan menu masakan, kadang-kadang masak terong juga, mbak Ima:)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS