Mengatur Menu Makanan untuk Sajian Arisan

Tuesday, August 8, 2023



Pixabay/Jens Rasch

 Di bulan Agustus ini, saya menjadi tuan rumah arisan RT di lingkungan saya. Seperti arisan-arisan RT pada umumnya, maka yang menjadi tuan rumah harus menyiapkan sejumlah sajian makanan dan minuman. Inilah beberapa hal yang saya lakukan supaya arisan di rumah saya bisa berjalan lancar.


 Tentukan makanan yang akan disajikan. Saya menyuguhkan lima jenis makanan yaitu pastel, bolen, keripik talas, kue kuping gajah, dan pisang lampung. Makanannya bervariasi antara yang manis dan asin. Ini supaya tamu yang datang tidak bosan dan memudahkan untuk memilih. Jika lebih suka makanan manis, bisa pilih bolen dan kue kuping gajah. Jika suka makanan asin, tersedia pastel dan keripik talas. Di sini juga ada variasi makanan yang cukup mengenyangkan yaitu pastel dan bolen. Sedangkan keripik talas dan kuping gajah tidak terlalu mengenyangkan.


Tentukan berapa orang kira-kira yang akan datang. Peserta arisan di lingkungan saya berjumlah 55 orang. Namun pada setiap arisan, rata-rata yang datang sekitar 30 orang. Dengan mengetahui jumlah orang orang yang akan datang, maka kita bisa mempersiapkan jumlah makanan yang akan disediakan.

Untuk pastel dan bolen, saya membeli masing-masing 50 buah. Sedangkan keripik talas dan kue kuping gajah, saya membelinya masing-masing sejumlah 1,5 kg.

 

Siapkan peralatan sajinya. Saya memilih menggunakan piring rotan yang diberi alas kertas khusus makanan berwarna cokelat. Piring rotan ini ringan bobotnya sehingga tidak merepotkan saat dibawa dan jika terjatuh juga tidak pecah berantakan seperti piring keramik atau kaca. Saya juga siapkan pelengkap lain yaitu tisu makan dan kantong plastik. Kantong plastik bisa digunakan jika ada yang ingin membawa pulang makanan yang disajikan.


Tentukan apakah ingin memasak sendiri atau memesan/membeli saja. Jika memasak makanan sendiri, tentu saja lebih menghemat biaya. Namun, kita harus menyediakan tenaga ekstra dan waktu untuk memasaknya. Sedangkan jika ingin memesan atau membeli saja, maka kemungkinan harus mengeluarkan biaya lebih banyak, namun bisa menghemat tenaga dan waktu.

Saya memesan pastel dan bolen. Ada tetangga yang cukup dekat dari rumah yang biasa menerima pesanan kue. Sedangkan bolen saya pesan dari pedagang yang juga dekat rumah.

Keripik talas dan kue kuping gajah dibeli di toko makanan ringan dekat rumah. Saya meminta tester dulu kepada pelayan toko untuk mencicipi keduanya untuk memastikan makanan ini masih renyah dan terasa enak.

 

Lakukan pemesanan makanan minimal dua hari sebelum acara. Dengan demikian kita masih punya waktu untuk mempersiapkan hal-hal lain dan tidak terburu-buru. Pastikan juga makanan sudah selesai dibuat dan bisa diantar ke rumah atau diambil minimal satu atau dua jam sebelum acara. Dengan demikian makanan masih dalam keadaan hangat dan segar sehingga nikmat disantap. Untuk buah pisang, saya membeli sehari sebelumnya.

 

Siapkan minuman. Acara arisan di lingkungan saya dilakukan sore hari dan waktunya cukup singkat yaitu sekitar satu jam saja. Biasanya kami menyediakan air mineral kemasan gelas atau botol kecil. Jika arisan berlangsung dalam waktu yang cukup lama, mungkin bisa juga disajikan minuman lain seperti es kelapa, es jeruk, es buah, dan sebagainya.  

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS