Tempe Gembus: Alternatif Tempe Lain yang Bisa Dicoba

Tuesday, August 15, 2023

Tempe sudah jadi makanan sehari-hari orang Indonesia. Mungkin dalam seminggu, minimal kita makan tempe 2-3 kali yang dijadikan lauk pendamping nasi atau camilan.

 


Ada jenis tempe lain yang tidak terlalu populer dibandingkan tempe yang ada di pasaran, yaitu tempe gembus. Jika tempe yang biasa kita konsumsi terbuat dari kacang kedelai, maka tempe gembus terbuat dari ampas tahu yang sudah tidak memiliki kadar air dan difermentasi dengan kapang Rizhopus sp.

 

Sekilas, penampilan tempe gembus ini sama seperti tempe biasa. Namun jika dipotong, maka bagian dalamnya sedikit berbeda dengan tempe kedelai. Bagian dalam tempe gembus tampak lebih rapat daripada tempe biasa.

Tempe gembus ini memiliki sejumlah manfaat kesehatan seperti dapat memelihara kesehatan jantung, kadar gula darah, dan pencernaan. Selain itu tempe gembus juga mengandung antioksidan tinggi.


Bisa Didapatkan di Mana?

Di daerah tempat tinggal saya di Bekasi, Jawa Barat, tempe gembus cukup jarang terlihat di lapak penjual pasar tradisional apalagi pasar swalayan. Di dekat rumah saya saja hanya ada satu pedagang yang menjualnya. Jumlah yang dijual pun tidak banyak. Tempe gembus banyak ditemukan di daerah Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.  Namun, tempe gembus sudah banyak dijual juga secara online.

 

Cara Pengolahannya

Cara pengolahan tempe gembus bermacam-macam. Ada yang mengolahnya menjadi tempe bacem, ditumis bersama sayuran, atau dimasak dengan santan.

Biasanya saya mengolah tempe gembus ini dengan cara digoreng tepung. Bahan-bahan yang dibutuhkan dan cara pengolahannya sama dengan tempe goreng tepung biasa. Bahan-bahan seperti tepung, bawang putih halus, lada, garam, ketumbar, daun bawang, dan air dicampur menjadi satu adonan. Setelah itu tempe gembus diiris-iris, dicelupkan ke dalam adonan, dan kemudian digoreng hingga matang.

 

Hasil Akhir Tempe Gembus yang Sudah Dimasak

 


Kalau dilihat di foto ini, tempe gembus goreng tepung tidak berbeda dengan tempe goreng tepung biasa. Hanya saja saat digigit, teksturnya terasa lebih lembut. Dimakan hangat-hangat bersama cabai rawit atau dijadikan lauk sungguh begitu lezat. Jadi, kalau ada kesempatan, cobalah tempe gembus yang rasanya tak kalah enak dengan tempe biasa.

 

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS