8 Jenis Salad Populer yang Enak dan Menyehatkan

Thursday, April 25, 2024

 

(Pixabay/Matthias Boeckel)

Salad adalah hidangan yang mudah dan cepat untuk disajikan. Isian salad sangatlah beragam mulai dari sayuran, buah, karbohidrat, dan  protein. Tak mengherankan jika rasanya lezat dan menyehatkan. Agar semakin lezat, salad ini juga disiram dengan dressing, yaitu saus khusus untuk salad. Hidangan ini biasanya disajikan dalam keadaan dingin. Ada beberapa jenis salad yang populer untuk dinikmati. Inilah jenis-jenisnya.


Salad Hijau


(Pixabay/Jill Wellington)


Sesuai dengan namanya, salad hijau banyak menggunakan sayuran berwarna hijau untuk isiannya. Salad hijau biasanya disantap sebelum atau sesudah hidangan utama. Isi salad hijau yang umum adalah selada, kol, bayam, kacang polong, buncis, dan kale. Tambahan lainnya adalah mentimun, buah zaitun, tomat, bawang bombai, dan bit. Sebagai dressing, digunakan campuran minyak zaitun dan cuka atau perasan lemon.

 

Salad Caesar


(Pixabay/Viarami)

Dinamakan  salad Caesar karena salad ini ditemukan oleh Caesar Cardini di Tijuana, Meksiko pada tahun 1920an. Suatu malam, Caesar hanya memiliki bahan makanan terbatas, padahal ia harus menyiapkan camilan untuk tamu-tamu di restorannya. Maka terciptalah salad Caesar ini.

Isi salad Caesar adalah selada romaine, crouton (roti panggang berbentuk dadu), telur rebus, dan parutan keju parmesan. Dressing-nya terbuat dari ikan anchovy, bawang putih, minyak zaitun, kecap inggris, dan perasan lemon. Salad Caesar seringkali dimakan bersama potongan ayam, daging, atau ikan.

 

Salad Kentang


 
(Pixabay/Sinawa)


Salad kentang memiliki bahan utama kentang. Kentang yang biasa digunakan adalah jenis Yukon Gold karena rasanya lebih manis dan tidak mudah hancur. Salad kentang amerika menggunakan mayones sebagai bahan utama dressing-nya sehingga cocok disajikan dingin. Selain kentang, potongan kecil telur rebus dan sayuran seperti seledri dan wortel juga disertakan dalam salad ini.

Salad kentang jerman juga populer disantap orang. Selain kentang, bahan-bahan lain untuk salad ini adalah daging bacon dan tumisan bawang bombai. Dressing-nya adalah campuran dari cuka, gula, dan mustard. Mayones tidak digunakan dalam dressing-nya. Salad kentang jerman disajikan hangat dan cocok disantap bersama daging panggang.

 

Salad Pasta


      (Pixabay/Lebermaja)

Salad pasta menggunakan pasta sebagai bahan utama. Jenis pasta yang umum digunakan adalah penne, fusilli, dan farfalle karena bentuknya pendek sehingga lebih efektif menyerap dressing. Tambahan lainnya adalah tomat ceri, mentimun, paprika, bawang bombai, buah zaitun, dan keju feta. Dressing-nya menggunakan cuka dengan tambahan minyak zaitun, oregano, dan basil.

 

Salad Yunani


   (Pixabay/Galyavanaseva)

Salad yunani terdiri dari tomat, mentimun, dan bawang bombai. Bahan tambahan lain yang umum digunakan adalah keju feta, buah zaitun, dan paprika. Semua bahan-bahan ini kemudian disiram dengan dressing yang terbuat dari minyak zaitun dan perasan lemon.

 

Salad Waldorf


(Pixabay/RitaE)

Oscar Tshirky adalah orang yang menciptakan salad Waldorf pada tahun 1893 saat ia bekerja di hotel Waldorf-Astoria di New York. Isi salad ini terdiri dari apel, seledri, dan mayones. Dalam perjalanannya, kacang walnut juga ditambahkan ke dalam salad ini. Dressing yang digunakan adalah mayones dan whipped cream. Salad Waldorf sangat pas disajikan saat makan malam spesial bersama hidangan daging atau ikan yang dipanggang atau digoreng.

 

Coleslaw


(Pixabay/2074413)

Coleslaw adalah salad yang menggunakan irisan kol mentah dengan dressing berbahan mayones dan cuka. Coleslaw berasal dari bahasa Belanda “koolsla” yang artinya “salad kol”. Rasanya yang asam, manis, dan segar sangat cocok disajikan bersama daging panggang atau menjadi topping sandwich, hotdog, atau burger. Selain kol, irisan wortel juga sering ditambahkan ke dalam coleslaw.        

 

Salad Buah


 (Pixabay/Anilsharma26)

Salad buah memiliki rasa yang manis dan segar. Isinya terdiri dari aneka buah seperti stroberi, blueberry, jeruk, anggur, dan apel.  Semua buah ini kemudian disiram dengan dressing berupa campuran madu dan perasan jeruk nipis atau jeruk biasa. Salad buah cocok dinikmati saat cuaca panas atau dibawa sebagai bekal piknik. 

(Sumber Tulisan: The Spruce Eats, Food And Wine, BetterMe)

 


No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS