6 Peralatan Dapur Ini Unik dan Lucu, Lho! Apakah Anda Membutuhkannya?

Saturday, November 3, 2018

Sumber" Pixabay


Di toko-toko online banyak sekali peralatan dapur yang unik dan lucu yang menggoda mata dan mungkin pada akhirnya membuat kita tertarik untuk membelinya.

Saya pernah tertarik membeli alat pemisah putih dan kuning telur. Sewaktu lihat gambarnya, sepertinya alat ini memang praktis, menghemat waktu, dan tidak mengotori tangan saat digunakan. Setelah dibeli dan digunakan, ternyata lumayan berguna juga. Alat ini kadang-kadang terpakai kalau sedang membuat kue. Harganya juga lumayan terjangkau.

Yah, cuma satu alat itu saja yang saya beli. Saya masih pikir-pikir untuk membeli alat lainnya. Pertimbangan saya ketika melihat suatu alat dapur yang unik ini, apakah memang benar-benar dibutuhkan atau tidak. Soalnya kalau tidak terlalu dibutuhkan, akhirnya tidak terpakai dan malahan cuma membuat lemari dapur jadi sesak.

Nah, ini ada beberapa alat masak yang punya bentuk unik dan fungsi yang lumayan spesifik. Mungkin ada salah satu yang menarik perhatian Anda.


Alat Pemotong Kue

Sumber: Ali Express

Untuk memotong kue, biasanya kita menggunakan pisau biasa atau pisau khusus untuk kue yang terbuat dari plastik. Ini ada alat pemotong kue yang tak cuma memotong saja. Setelah terpotong, potongan kue bisa langsung diangkat dan ditempatkan pada piring menggunakan alat ini. Potongan kuenya rapi dan tidak jatuh saat dibawa menuju piring menggunakan alat ini. Kalau Anda sering membuat kue atau senang makan kue, alat ini mungkin perlu dimiliki.


Alat Pembersih Sisik Ikan

Sumber: Ali Express

Alat yang pertama adalah alat pembersih sisik ikan. Model dan warnanya beragam dan lucu-lucu. Menurut keterangannya, alat ini hanya perlu digerakkan berlawanan dengan sisik ikan. Nantinya, sisik ikan yang terlepas akan ditampung di dalam alat itu. Jadi, permukaan meja tidak kotor karena sisik ikan yang bertebaran. Sepertinya cukup praktis, ya.

Sebenarnya kalau kita beli ikan di pasar atau pasar swalayan, kita bisa minta tolong penjualnya untuk menyiangi ikan dan membersihkan sisiknya. Lebih praktis dan menghemat waktu.

Tetapi, kalau Anda memperoleh ikan hasil pancingan misalnya, otomatis ikan tersebut harus dibersihkan sendiri. Nah, alat ini pasti diperlukan. Karena membersihkan dengan pisau biasa kurang praktis dan bikin kotor permukaan. Kira-kira begitu, ya.


Alat Pemecah Telur

Sumber: Amazon

Memecahkan kulit telur adalah hal yang mudah. Namun, kalau mau lebih mudah lagi, gunakan alat pemecah telur telur ini. Telur yang dipecahkan bisa telur mentah atau telur rebus.

Caranya gampang banget. Cukup ditekan tombolnya, kulit telur akan pecah atau terbuka dan serpihan-serpihan kulitnya tidak berceceran di mana-mana. Kalau untuk telur rebus, maka kulitnya bisa terkelupas dengan rapi tanpa sisa-sisa serpihan kulit. Selain itu, alat ini dilengkapi alat lain untuk memisahkan putih dan kuning telur.

Kalau sering bikin kue yang membutuhkan banyak telur, alat ini bisa berguna. Tetapi, kalau cuma ingin memecahkan satu atau dua butir telur, rasanya cukup mengunakan tangan saja, ya.


Alat Penumbuk Kentang

Sumber: Amazon

Mungkin sudah banyak yang tahu juga dengan alat penumbuk kentang ini. Gunanya tentu untuk menumbuk kentang yang akan dijadikan mashed potato atau perkedel. Untuk menumbuk ubi, singkong, atau avokad juga bisa. Di pasaran, bentuk alat ini bermacam-macam. Bahan pembuatnya ada yang dari stainless steel atau plastik.

Kalau membuat perkedel, saya biasanya menghancurkan kentangnya menggunakan ulekan. Sepertinya saya akan mempertimbangkan alat ini jika ingin membuat perkedel.


Alat Pembuat Bola-bola Daging

Sumber: Ali Express

Kalau membuat bakso atau bola-bola daging, mungkin Anda menggunakan cara manual dengan membentuknya menggunakan tangan. 

Cobalah alat pembuat bola-bola daging ini. Pegangan alatnya berbentuk seperti gunting, sementara di bagian ujungnya terdapat semacam wadah seperti scoop es krim untuk membentuk adonan.  Adonan tinggal dimasukkan ke dalam wadah alat ini dan dibentuk. Hasilnya dijamin bulat dan rapi.


Batter Dispenser

Sumber: Amazon


Menuang adonan pancake, muffin, atau cupcake ke dalam cetakan sepertinya memang perlu keahlian supaya hasilnya rapi dan tidak berceceran. 

Sebagai jalan pintas, coba pakai batter dispenser ini. Tinggal isi adonan ke dalam alat ini, tarik pegangannya, maka adonan akan keluar dari sebuah lubang yang ada di bagian bawah. Jika adonan sudah memenuhi cetakan, pegangannya tak perlu ditarik lagi. Mudah, bukan?



13 comments:

Astria tri anjani said...

Kalau punya alat-alat masak seperti di atas pasti lebih semanagat kalau masak...😀

seribu bumbu said...

Betul, mbak Astria. Bentuknya lucu, berguna pula.:)

Sandra Hamidah said...

Ya ampun, wanita zaman now udah ngga ada alesan males masak ya mba, tfs lho

seribu bumbu said...

Betul, mbak Sandra. Tutorial masak banyak, peralatan masak spesifik dan fungsional juga banyak, jadi kalau memasak juga lebih gampang.:)

wongcrewchild said...

alat2 yang unik, memudahkan untuk memasak

wongcrewchild said...

alat-alat unik untuk memasak

Unknown said...

Saya pernah pesan alat pemotong kue itu karena bentuknya unik. Tapi yang ada warna jingga sementara saya sukanya warna hijau, jadi batal deh. Hehehe

seribu bumbu said...

Betul, mas. Memasak jadi lebih enak dan mudah. :)

seribu bumbu said...

Wah, alat pemotong kue memang cocok untuk Mbak Ima yang suka bikin kue. Semoga segera ada stok yang warnanya hijau. :)

Aris Armunanto said...

Sungguh kreatif sekali penciptanya, sehingga memudahkan pekerjaan mereka yg suka di dapur. Terutama buat ngilangin sisik ikan, saya suka itu.

seribu bumbu said...

Wah, kayaknya mas Aris minat membeli pembersih sisik ikan, nih.:)

Sarofudin said...

Alat diciptakan untuk mempermudah pekerjaan, mungkin yang wajib beli adalah orang yang setiap harinya bergelut dalam bidangnya. misalnya pemecah telur untuk orang yang bikin kue. lalu penghilang sisik ikan untuk juru masak kafe seafood dan lain sebagainya.

Btw salam kenal, ini pertama kalinya saya berkunjung kesini

seribu bumbu said...

Betul, mas. Untuk orang-orang yang berkecimpung di bidang kuliner, alat-alat seperti ini pasti akan berguna sekali. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS