Kering Kentang Teri Medan

Wednesday, May 17, 2017


Beberapa waktu yang lalu saya berkunjung ke rumah ibu saya. Sesampainya di sana, sestoples kering kentang terlihat di atas meja makan. Ibu memang cukup sering membuat kering kentang sebagai pelengkap makan nasi. Kadang-kadang orang-orang di rumah memakannya begitu saja sebagai cemilan.

Saya jarang membuat kering kentang, karena ibu cukup sering memberikan kentang buatannya sebagai oleh-oleh kalau saya mengunjungi rumah beliau.Menurut saya kering kentang buatan ibu memiliki tekstur yang renyah, garing, dan tidak berminyak. Saya pernah membuat sendiri, namun hasilnya gagal. Kering kentangnya tidak renyah, teksturnya lembek, dan berminyak.

Setelah bertanya resepnya kepada ibu, ternyata ada hal-hal penting agar kering kentang bisa renyah dan tahan lama. Pertama adalah pemilihan kentang. Menurut ibu saya, kentang yang bagus untuk kering kentang adalah kentang kuning dan bukan kentang putih. Kentang kuning tidak mudah lengket saat digoreng. Cara untuk mengetahuinya, gores sedikit kulit permukaan luar kentang dengan kuku. Maka akan terlihat warna kentang tersebut kuning atau putih. Setelah dikupas dan dicuci bersih, kentang diserut menjadi seukuran bihun. Ibu saya biasa menyerutnya dengan alat penyerut yang banyak dijual di pasaran.

Minyak untuk menggoreng kentang juga harus banyak dan dalam keadaan panas agar kentang mudah matang dan garing. Karena kentang serutnya berukuran sangat kecil, maka mudah matang.

Bumbu tumisannya pun harus dimasak dengan tepat; harus benar-benar matang dan kering agar kering kentang ini bisa awet dalam waktu yang lama. Menurut ibu saya, kering kentang yang dibuatnya bisa tahan sekitar dua minggu.

Nah, ini dia resep kering kentang ala ibu saya. Dalam resep ini, kentang dicampur dengan teri medan sehingga lebih nikmat. Jika tanpa teri medan, rasanya juga tetap enak. Cocok untuk ditaburkan di atas lontong sayur, nasi kuning, atau dijadikan cemilan.

Bahan

1 kg kentang
100 gram teri medan
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
100 gram cabai merah
½ sendok teh garam
¼ sendok teh gula pasir
1 liter minyak goreng

Cara Membuat

1.Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, garam, dan gula pasir. Sisihkan.
2.Goreng teri medang hingga matang dan garing.
3.Kentang dikupas, dicuci, dan diserut seukuran bihun. Saat selesai menyerut sebuah kentang, masukkan ke dalam baskom berisi air. Lakukan sampai habis hingga semua kentang habis diserut. Perendaman dilakukan agar kentang tidak mudah berubah warna menjadi kecokelatan.
4.Panaskan minyak dan goreng kentang. Saat kentang masuk ke wajan, mungkin  akan sedikit menyatu satu sama lain. Tunggu sejenak, setelah kentang mulai berubah warna menjadi kekuningan, balik kentang tersebut.
5.Aduk-aduk hingga semua kentang berubah warna menjadi kuning kecokelatan dan matang serta tidak saling menempel. Angkat dari kompor.
6.Jika saat diangkat ada kentang yang masih menempel satu sama lain, tekan dengan sendok pelan-pelan agar terpisah.
7.Tumis bumbu halus hingga harum dan kering. Jika sudah matang dan kering, kecilkan kompor, masukkan kentang dan teri. Aduk-aduk hingga rata. Angkat dari kompor.
8.Taruh kering kentang di atas nampan. Setelah dingin masukkan ke dalam stoples.


4 comments:

Monica Rampo said...

wah sedap nih kayaknya mba, eh iya mba itu pakai serutan keju kah?
atau ada serutan khusus?

jadi penasaran ingin coba juga, belum pernah buat sih kering kentang begini, nah kalau saya yang buat berhasil ga ya?
H2C neh he he he

Eva Taurisia said...

Kering kentang buat lontong medan kayaknya enak ya, Mbak Monic? Serutan labu siam, mbak. Kayaknya banyak dijual di toko perabotan, biasanya warnanya oranye. Mudah-mudahan berhasil, kan mbak Monic jago masak, hehehehe...

Sitti Taslimah said...

Setuju dengan, mba Monic.
Pasti sedap banget ini.
Kering kentang aja udah enak, ditambah ikan teri pasti lebih lezzzat.

Eva Taurisia said...

Iya, mbak Ima, thanks, hehehe..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS