Martabak Isi Jamur Tiram

Monday, June 5, 2017


Di bulan puasa seperti ini, tiba-tiba saja kulit martabak semakin banyak ditemui, seperti halnya kolang-kaling, kurma, timun suri, blewah, dan bahan makanan lain yang biasa digunakan untuk membuat hidangan berbuka puasa. Kulit martabak biasanya digunakan untuk membuat martabak isi tahu atau piscok. Tetapi kali ini saya membuat martabak isi jamur tiram. 

Jamur tiram lagi, ya? Di blog ini ada beberapa menu masakan yang menggunakan jamur tiram. Saya memang lumayan suka dengan jamur tiram ini karena sifatnya yang mudah diolah menjadi berbagai masakan, maka saya pikir cocok juga untuk dijadikan isi martabak. Jadi bisa menjadi alternatif isi martabak selain tahu dan daging cincang. Semoga tidak bosan dengan resep yang memakai jamur tiram lagi☺

Saya mengolah isinya seperti cara mengolah isi lumpia semarang yang pernah saya lihat di TV. Kalau membuat martabak tahu, biasanya saya menumis bumbu terlebih dahulu, lalu dimasukkan bahan-bahannya seperti tahu dan daging cincang. Setelah itu dicampur dengan telur dan dijadikan isi martabak. Untuk martabak jamur tiram ini, saya menumis bumbu seperti biasa, lalu ditambah telur dan diorak-arik, kemudian terakhir dimasukkan jamur tiramnya. Setelah itu diangkat dan dijadikan isi martabak. Rasanya sih lumayan gampang saat mengisi kulit martabak dengan isi seperti ini, apalagi telurnya sudah matang. Kalau telurnya masih mentah, kulit martabaknya menjadi basah dan harus lebih berhati-hati saat melipatnya agar tidak sobek.

Hasil dan rasa martabak isi jamur tiram ini menurut saya tidak mengecewakan. Cocok untuk dijadikan makanan berbuka dan bisa juga dijadikan lauk teman makan nasi. Caranya pengolahannya mudah dan bahan-bahannya sederhana. Kalau isi martabaknya mau ditambah dengan bahan makanan lain juga bisa, yang penting sesuai selera.

Bahan
9 lembar kulit martabak
250 gram jamur tiram
2 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 butir telur
1 sendok makan saus tiram
½ sendok teh lada bubuk
1/2  sendok teh garam
Minyak untuk menumis dan menggoreng

Cara Membuat
1.Cuci bersih jamur tiram dan cincang halus.
2.Bawang merah dan bawang putih dicincang halus.
3.Tumis bumbu hingga harum. Masukkan telur dan diorak-arik.
4.Masukkan jamur tiram dan aduk-aduk hingga layu.
5.Tambahkan saus tiram, garam, dan lada. Aduk-aduk hingga rata dan angkat.
6.Letakkan bahan isi pada kulit martabak dan lipat. Lakukan hingga kulit martabak habis.
7.Goreng martabak hingga matang. 

4 comments:

Sitti Taslimah said...

Iiih.... Jadi kangen martabak deh liat ini. Dulu waktu masih bisa makan segalanya, saya juga sering beli martabak yang isinya jamur, tapi jamur biasa bukan jamur tiram.

Monica Rampo said...

wah sedap pakai jamur tiram, saya belum pernah buat yang pakai isi jamur tiram mba, sudah lama juga neh ga buat martabak

he eh mba, menjamur ya kolang-kaling, blewah, kurma, seakan-akan bermunculan.. lah di tempat saya malah blewah banyak mba, padahal kalau hari biasa, ga pernah lihat.. he he he

Eva Taurisia said...

Iya mbak Monic, bulan puasa saatnya bikin goreng-gorengan, hehehe. Saatnya juga bikin es-es isi macem-macem. Gorengan dan es, asal jangan kebanyakan aja ya, nanti radang tenggorokan, hehehe.

Eva Taurisia said...

@Mbak Ima, semoga segera bisa makan martabak dan makanan-makanan lain kesukaan Mbak Ima, ya:)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS