Memilih Rumah Makan Saat Liburan

Wednesday, June 21, 2017

Lebaran sebentar lagi tiba. Selain bersilaturahmi dengan keluarga, kerabat, dan teman, kegiatan lain yang sering dilakukan adalah makan-makan. Apalagi jika Anda berkesempatan mudik ke suatu tempat, mungkin kegiatan makan-makan sudah menjadi sesuatu yang direncanakan jauh-jauh hari. Berikut ada beberapa tips untuk memilih rumah makan saat mudik supaya acara makan-makan nanti bisa berjalan dengan lancar.  


·        Siapkan dana untuk makan-makan. Rasanya tak perlu mencoba semua makanan yang dijual di kota tujuan. Tak harus pula selalu makan di luar saat lapar, karena biasanya kerabat yang berada di kota tujuan juga menyediakan menu istimewa untuk menjamu Anda. Hal yang paling penting adalah menententukan rumah makan mana yang memang benar-benar layak dikunjungi dan harganya sesuai kemampuan kantong. Ingat, sehabis Lebaran, tentu banyak hal yang memerlukan dana juga. Jangan sampai dompet jebol karena habis untuk makan-makan dalam sekejap.

·        Cari tahu terlebih dahulu rumah makan atau makanan di kota yang akan dituju. Tanyakan hal ini pada kerabat yang ada di kota tujuan. Tentu mereka lebih mengerti dan akan memberikan rekomendasi terbaik untuk Anda. Bisa juga dengan mencari info di internet tentang rumah makan apa saja yang banyak peminatnya dan terkenal punya menu yang enak. Cari tahu menu unggulan dari rumah makan tersebut, harga, lokasi, dan lain sebagainya. Setelah itu Anda bisa kroscek info ini dengan kerabat di kota tujuan.

·        Sebisa mungkin makan di rumah makan khas kota tujuan atau makan di rumah makan yang menyajikan makanan khas kota tersebut. Sayang sekali kalau memilih rumah makan yang umum seperti restoran cepat saji yang banyak ditemukan di berbagai kota. Tetapi bisa saja ada suatu rumah makan yang ada di mana-mana, namun di kota tempat Anda tinggal belum ada. Jadi, jika di kota Anda tidak ada Pizza Hut dan di kota tujuan terdapat restoran cepat saji ini, silakan datang mengunjunginya.

pixabay.com

·        Hindari jam-jam favorit pengunjung rumah makan. Saat libur Lebaran, berbagai rumah makan akan ramai dikunjungi pengunjung. Hindari jam-jam favorit seperti malam hari terutama malam minggu atau saat jam makan siang. Sebisa mungkin datang lebih awal agar bisa kebagian tempat duduk. Bisa pula dengan memesan tempat terlebih dahulu di rumah makan yang ingin didatangi agar lebih tenang.

·        Coba makan di rumah makan yang belum pernah dikunjungi. Jika Anda sudah berkali-kali mudik ke kota tujuan yang sama, kemungkinan Anda juga sudah sering makan makanan khas kota tersebut atau berkunjung ke rumah makan favorit di kota tersebut. Sebagai variasi, bisa juga berburu rumah makan lain yang punya hidangan favorit yang lezat atau menu yang belum pernah Anda nikmati sebelumnya.

·        Cicipi menu di rumah makan yang baru buka. Biasanya pula saat libur seperti ini, muncul rumah makan baru yang memanfaatkan momen membanjirnya pemudik dari kota lain. Nah, boleh juga tuh, berkunjung ke rumah makan baru ini sebagai pengunjung pertama. Tanyakan menu unggulan di rumah makan tersebut atau jika ada menu lain yang belum pernah Anda makan sebelumnya, ini saatnya untuk mencobanya.  

Itu dia beberapa tips untuk makan-makan saat libur Lebaran. Sebaiknya jangan makan berlebihan dan jagalah kesehatan. Kalau menurut Pak Bondan Winarno, kita harus “tetap sehat, tetap semangat, supaya bisa jalan-jalan dan makan-makan”. Selamat berburu makanan enak di tempat tujuan. Selamat Idul Fitri 1438H/2017.

2 comments:

Nia K. Haryanto said...

Wah, boleh-boleh nih tipsnya dipakai. Saya kalo pergi2, jarang banget nerapin poin-poin dari tips ini. Makan aja tanpa pikir panjang. Jadinya sering nyesel karena harga, makanan, dll deh. Tfs...

Eva Taurisia said...

Sekarang emang banyak variasi makanan enak ya, Mbak Nia. Jadinya emang menggoda perut dan kantong, hehehe..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS