Pancake Pisang

Saturday, July 7, 2018




Sudah sangat lama saya nggak posting artikel untuk blog ini. Sekarang saya baru mulai dan mudah-mudahan bisa lebih rutin lagi. Untuk memulai, kali ini saya membuat pancake pisang. Biasanya saya membeli tepung pancake instan. Jadi, tinggal ditambah air, lalu diaduk-aduk, dan siap digoreng.



Sekarang saya mau buat sendiri dari awal dan menambahkan pisang. Rasanya memang sedikit beda karena ada sentuhan rasa manis pisang. Dimakan begitu saja tanpa tambahan selai juga rasanya sudah enak. Saya membuat pancake pisang berdasarkan resep dari sini: https://bakingmischief.com/2018/03/14/easy-banana-pancakes-for-two/Ingredients 

Tetapi resep ini sudah saya modifikasi sedikit. Kalau dalam resep asli menggunakan vanili bubuk, saya tidak. Begitu juga dengan jumlah susu cair. Resep asli menggunakan 2-3 sendok makan susu cair, saya menggunakan 5 sendok makan sehingga adonannya tidak terlalu kental dan cukup encer dituang ke atas wajan.

Nah, saya juga cari-cari tips di internet tentang cara membuat pancake yang enak. Tips ini sudah saya terapkan dalam pembuatan pancake pisang ini. 

Ini dia tips-nya:

1.Semua bahan harus dalam keadaan suhu ruang. Jika misalnya telur baru diambil dari kulkas, diamkan dalam suhu ruang terlebih dahulu. Mencampur telur dingin untuk adonan pancake bisa membuat pancake tidak mengembang.

2.Bahan kering seperti terigu, gula pasir, baking powder, dan garam harus disatukan dalam wadah tersendiri. Begitu juga dengan bahan basah yaitu pisang yang sudah dihaluskan, telur, mentega, dan susu, harus disatukan dalam wadah berbeda pula.

3.Campur bahan basah secara merata, lalu tuangkan ke dalam wadah berisi bahan kering. Aduk merata secukupnya saja. Kalau diaduk terlalu lama, tekstur pancake-nya tidak lembut.

4.Jika adonan sudah jadi, sekarang siap menggoreng. Oleskan wajan datar antilengket dengan minyak tipis-tipis saja. Api kompor juga sedang saja, jangan terlalu panas supaya pancake tidak gosong.

5.Ambil adonan pancake menggunakan sendok sayur. Saya menggunakan sendok sayur kecil sehingga hasil pancake-nya juga kecil. Tuangkan ke dalam wajan.

6.Tunggu sampai muncul gelembung-gelembung, baru dibalik. Supaya lebih yakin, balik sedikit adonan, jadi Anda bisa mengintip bagian bawah pancake. Pancake yang siap dibalik tidak akan lengket dan mudah saat dibalik.

7.Tunggu sekitar 1 menit lagi dan pancake siap diangkat.

8.Kalau menggunakan wajan besar untuk membuat beberapa buah pancake, beri jarak antar adonan pancake supaya tidak saling menempel.

9.Kalau wajan dirasa sudah tidak terlalu panas dan olesan minyak sudah tidak ada, beri minyak lagi sedikit saja pada wajan dan panaskan lagi wajan.

Ini dia bahan-bahan dan cara pembuatan pancake pisang:

Bahan:
60 gram terigu serba guna
1 buah pisang ambon ukuran sedang, haluskan
1 butir telur
1 ½ sendok teh gula pasir
1 sendok teh baking powder
1/8 sendok teh garam
4-5 sendok makan susu cair
1 sendok makan margarin cair

Cara Membuat:
1. Campur terigu, gula pasir, garam, dan baking powder dalam satu wadah. Aduk rata.
2. Campur pisang, telur, susu, dan margarin dalam wadah lain. Aduk rata.
3.Tuangkan adonan cair ke dalam adonan kering dan aduk rata. Jangan terlalu lama mengaduknya.
4.Oleskan wajan antilengket dengan minyak goreng. Panaskan di atas wajan dengan api sedang.
5.Tuangkan adonan pancake. Tunggu hingga mengeluarkan banyak gelembung, lalu balik.
6. Tunggu kembali agar adonan benar-benar matang sekitar 1 menit. Angkat dari kompor.


  



 

2 comments:

Unknown said...

Hai, Mbak Eva. Apa kabar? Mbak kemana aja kok lama tidak ngeblog?

Sudah lama tidak pernah bikin pancake, jadi mupeng liatnya.

seribu bumbu said...

Ayo bikin...pancake mbak Ima pasti enak banget :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS