Nasi Goreng Bumbu Kari Cabai Rawit

Tuesday, October 3, 2017



Sewaktu gerai Seven Eleven alias Sevel masih ada di stasiun kereta api seperti Gambir, Jatinegara, atau Pasar Senen, saya suka membeli paket makanan nasi atau mi di sana.
Paket yang tersedia di antaranya adalah seperti nasi goreng, spagheti, atau nasi ayam lada hitam. Porsinya tidak terlalu banyak dan harganya cukup terjangkau. Lumayan mengenyangkan untuk sarapan.

Saya suka membeli paket nasi goreng biasa dan nasi goreng kari. Kalau nasi goreng biasa terdiri dari nasi goreng dan telur goreng saja. Nasi gorengnya pedas, tetapi telur gorengnya tipis, hehehe..Sedangkan nasi goreng kari terdiri dari nasi goreng dan chicken nugget. Nasi goreng karinya juga lumayan pedas karena bertabur irisan cabai rawit dan masih dilengkapi pula dengan saus sambal sachet. 

Nah, kemarin saya coba-coba membuat nasi goreng kari dengan irisan cabai rawit ini. Kayaknya memang pas jika bumbu kari yang kaya rempah dipadukan dengan irisan cabai rawit. Menurut saya rasanya jadi tidak terlalu enek. Cabai rawitnya cuma tiga buah, ini menurut saya sudah cukup pedas. Pelengkapnya saya ganti daging cincang dan telur. Ini dia resepnya.

Bahan
240 gram nasi putih (sekitar 1 piring)
30 gram daging cincang yang sudah ditumis matang
1 butir telur
1 tangkai daun bawang
2 siung bawang putih
3 buah cabai rawit merah
2 sendok makan bumbu kari siap pakai
Garam secukupnya
Minyak goreng secukupnya


Cara Membuat
1.Bawang putih dicincang halus, cabai rawit dan daun bawang diiris-iris.
2.Goreng telur dan aduk-aduk sampai menjadi butir-butir, sisihkan.
3.Tumis bawang putih dan cabai rawit hingga harum.
4.Masukkan daging cincang, aduk-aduk.
5.Masukkan bumbu kari, aduk-aduk.
6.Masukkan nasi dan telur, aduk-aduk hingga rata. Tambahkan garam dan aduk kembali.
7.Terakhir, masukkan daun bawang. Aduk-aduk sebentar, angkat.



10 comments:

Unknown said...

Saya pecinta nasi goreng dan juga suka kari, tapi belum pernah makan nasi goreng kari bumbu kari. Ini pasti rasanya enak banget deh, iya kan, mba Eva?

Sandra Hamidah said...

Kemarin saya bekalin Suami pake Nasi goreng kari, bumbu nya instan gitu tapi enakss hehe tfs ya resepnya nanti coba pake cincang

seribu bumbu said...

Enak ya:). Pake ayam cincang juga enak, Sandra:)

seribu bumbu said...

@Mbak Ima, iya enak, mbak. Soalnya bumbunya kaya:)

Monica Rampo said...

wah sedap nasi goreng begini mba Eva, sudah kebayang rasanya
apalagi saya penyuka nasi goreng jadi berbagai variasi nasi goreng pasti suka he he he

seribu bumbu said...

Iya Mbak Monic. Kelebihan nasi goreng memang bisa dibikin dengan berbagai variasi bumbu. Jadi kita punya banyak pilihan:)

wise said...

mau coba juga. kalau boleh tahu pake bumbu kari siap pakai merk apa ya?

seribu bumbu said...

Maaf baru balas, Mbak Wisda. Saya pakai bumbu kari dari Indofood.:)

Astria tri anjani said...

Wah.... Enak banget kayaknya, apalagi ditambah daun bawang itu. Saya paling suka makan nasi goreng kalao lagi laper tapi bosen sama makanan yang dibikin emak he..he...😁
Bisa dicoba resepnya kapan-kapan...

seribu bumbu said...

Iya, mbak. Selain nasi gorengnya lebih berwarna, daun bawang juga menambah selera. Semoga suka resepnya, mbak.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS