Semur Tahu Kentang Cabai Hijau

Tuesday, December 20, 2016


Menu yang saya masak kali ini adalah semur. Sebetulnya saya termasuk jarang membuat semur. Kalau makan semur, enaknya dilengkapi dengan lontong dan sambal goreng hati kentang yang pedas untuk mengimbangi sasa semur yang cenderung “adem”.
Tetapi kali ini saya tidak sempat untuk membuat kedua masakan itu. Akhirnya hanya membuat semurnya saja. Lagipula sudah lama juga tidak membuat masakan ini.

Bahan untuk semur yang saya gunakan adalah tahu dan kentang. Bumbunya simpel saja dan tidak memakai rempah bumbu dapur seperti daun salam atau pala. Saya menambahkan cabai hijau supaya ada rasa pedas dan warna semur tidak terlalu gelap. Saya juga menambahkan tomat supaya rasanya lebih gurih.

Bahan-bahan untuk semur yang bisa digunakan selain tahu dan kentang adalah daging sapi, ayam, telur, atau tempe. Pasti sudah banyak yang tahu, ya. Kalau tidak suka pedas, hilangkan saja penggunaan cabai hijaunya. Selama membuat semur!

Bahan
1 buah Tahu cina (beratnya 420 gram)
3 buah Kentang ukuran sedang
5 buah Cabai hijau
3 siung Bawang merah
3  siung Bawang putih
½ buah Tomat ukuran sedang
¾ sendok teh Garam
¼ sendok teh Lada bubuk
4 sendok makan Kecap manis
70 ml Air
Minyak goreng untuk menggoreng tahu dan kentang

Cara Membuat
1.Tahu cina dan kentang dipotong sesuai selera, lalu goreng hingga matang.
2.Cabai hijau diiris-iris.
3.Haluskan bawang merah, bawang putih, tomat, garam, dan lada.
4.Panaskan minyak dan tumis bumbu hingga harum.
5.Masukkan tahu dan kentang yang sudah digoreng, aduk-aduk sebentar.
6.Masukkan air dan kecap manis, aduk-aduk sebentar.
7.Tunggu hingga air menyusut dan jangan lupa cicipi rasanya.
8.Jika air sudah menyusut dan mengental, angkat semur dari kompor.




2 comments:

Lucky Caesar said...

Yummy bangeet semur tahu kentangnyaa. . Boleh dicobaa nih resepnya 😁

seribu bumbu said...

Silakan dicoba, Mbak Lucky. Terima kasih sudah baca blog saya. Maaf baru dibalas sekarang:)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS