Ayam Pedas Masak Santan

Friday, December 16, 2016


Kemarin saya memasak menu berbahan ayam. Saya ingin memasak ayam yang pedas, namun tidak terlalu banyak bumbu. Akhirnya saya putuskan untuk membuat balado ayam saja. Tetapi, saya kok tidak ingin membuat balado yang seperti biasa.
Akhirnya saya tambahkan santan agar lebih gurih. Makanya saya agak bingung menamakan menu ini. Jadi seperti yang tertulis pada judulnya, nama menu ini adalah “Ayam Pedas Masak Santan”. 

Menu ini memang menu suka-suka. Ayamnya sengaja saya potong kecil-kecil supaya mudah dimakan. Setiap membuat masakan balado, saya memang senang menambahkan tomat. Dalam menu ini, saya juga menambahkan tomat supaya sambalnya menjadi banyak dan bertambah merah. Kalau sudah begini, nafsu makan saya pasti bertambah. Supaya lebih enak lagi, saya tambahkan juga daun bawang. Kalau Anda mau menambahkan daun kemangi ke dalam menu ayam ini juga bisa. Pasti aromanya tambah harum khas kemangi.

Sebagai pelengkap menu ayam ini, saya hanya membuat bayam rebus saja. Menurut saya sih, perpaduan ini cocok-cocok saja. Ayam yang bersantan dan terkesan berat berpadu dengan bayam rebus yang sederhana. Silakan dicoba.

Bahan
230 gram     Ayam
1 tangkai     Daun bawang
½ buah        Jeruk nipis
50 ml           Santan encer
4 siung         Bawang merah
2 siung         Bawang putih
6 buah          Cabai merah
½ buah         Tomat ukuran sedang
¾ sendok teh Garam
½ sendok teh Gula pasir
Minyak untuk menggoreng ayam

Cara Membuat
1.Cuci bersih ayam, potong kecil-kecil.
2.Peras jeruk nipis pada ayam, diamkan selama 15 menit, kemudian cuci bersih kembali.
3.Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, tomat, garam, dan gula pasir.
 4.Iris-iris daun bawang.
5.Panaskan minyak, goreng semua ayam hingga kecokelatan.
6.Panaskan sedikit minyak bekas menggoreng ayam, tumis bumbu halus hingga harum.
7.Masukkan ayam, aduk-aduk.
8.Tambahkan santan, aduk-aduk sebentar, dan diamkan hingga santan menyusut.
9.Sesaat sebelum ayam diangkat dan santan menyusut, masukkan daun bawang, aduk-aduk sebentar, kemudian angkat ayam.

  

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS