Biarpun Sedang Berada di Perjalanan, Usahakan untuk Tetap Makan Makanan yang Sehat

Wednesday, April 10, 2019


Melakukan perjalanan yang panjang selama beberapa jam ke suatu tempat tujuan tentu melelahkan. Makanan adalah hal penting yang tidak boleh lupa untuk dibawa.

Namun nafsu makan orang memang berbeda-beda. Ada yang nafsu makannya biasa saja sehingga tidak ada masalah saat makan di perjalanan. Namun, ada juga yang tidak terlalu bernafsu untuk makan kalau sedang berada dalam perjalanan.

Padahal makan tetap harus dilakukan supaya tubuh tetap sehat dan bugar. Makanya, makanan dan minuman yang disantap selama di perjalanan harus sehat dan tentunya enak supaya menambah nafsu makan.

Biasanya minimarket dan restoran yang ada di stasiun, terminal, bandara, atau rest area di dekatjalan tol menjadi andalan sebagai tempat untuk membeli makanan dan minuman. Di atas kereta api dan pesawat terbang juga memungkinkan kita memesan dan membeli makanan.

Harga-harga makanan di tempat-tempat tersebut biasanya cenderung lebih mahal. Namun, orang tetap membelinya karena terdesak waktu atau tidak mau repot membawa-bawa makanan dari rumah.

Selain mahal, belum tentu juga terjamin kesehatannya. Meskipun mungkin agak merepotkan, menyiapkan makanan sendiri tentu lebih terjamin kesehatannya dan bisa menghemat biaya perjalanan.   

Ini dia makanan-makanan yang praktis dan enak rasanya untuk dibawa sebagai bekal di perjalanan.

Pixabay

Nasi goreng pasti lezat dan menggugah selera untuk dimakan di perjalanan. Kebanyakan orang pasti suka dengan nasi goreng, apalagi menu ini juga cukup cepat untuk disiapkan. Aneka bahan makanan lain bisa menjadi tambahan seperti sayuran, sosis, telur, atau makanan lainnya.

Selain nasi goreng, mi goreng juga enak untuk disantap. Sama seperti nasi goreng yang cepat dibuat, mi goreng juga bisa dijadikan bekal untuk di perjalanan. Jangan lupa untuk menambahkan bahan-bahan makanan lain ke dalam mi goreng supaya lebih sehat.

Nasi dengan lauk pauk dan tumisan sayuran bisa membuat kita seperti menyantap makanan di rumah. Kalau bepergian bersama keluarga, ibu-ibu biasanya meluangkan waktu untuk membawa nasi dengan lauk pauk dan sayuran. Lauk pauk yang dipilih biasanya yang menerbitkan selera seperti ayam goreng atau rendang.

Menu sayurnya bisa dipilih yang praktis dibuat seperti tumisan. Kalau sayurnya berkuah mungkin agak merepotkan untuk dibawa karena dikhawatirkan kuahnya berceceran.

Lontong isi bisa dijadikan alternatif yang praktis. Karena terbuat dari nasi, makan dua buah lontong isi oncom atau kentang pasti sudah cukup membuat perut kenyang. Bentuknya yang kecil juga tidak merepotkan untuk dibawa-bawa. Kalau ada waktu luang sebelum hari keberangkatan, Anda bisa menyiapkan lontong isi untuk bekal di perjalanan.

Roti isi atau sandwich praktis dibawa dan membuat perut kenyang. Roti yang diberi isi bisa membuat perut kenyang. Isinya bisa disesuaikan dengan selera seperti sayuran, telur, ayam, atau daging.

Buah-buahan cocok untuk dibawa sebagai bekal perjalanan. Selain rasanya menyegarkan, buah-buahan juga mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh. Umumnya jeruk atau pisang menjadi pilihan.

Kalau mau sedikit repot, bisa juga menyiapkan aneka buah potong seperti melon, apel, atau mangga. Kalau mau lebih enak lagi, bisa juga sekalian menyiapkan saus salad atau sambal rujak untuk teman makan buah potong.

Bawa pula camilan untuk teman ngemil selama di perjalanan. Kalau belum waktunya makan utama, maka ngemil biasa dilakukan untuk mengusir kebosanan. Camilan kacang-kacangan adalah pilihan yang menyehatkan. Kacang kulit meskipun agak merepotkan cukup mengenyangkan dan juga menyehatkan. Kalau nggak mau repot, Anda bisa memilih produk kacang-kacangan tanpa kulit yang siap santap.

Produk kacang-kacangan kemasan seringkali mengandung zat pengawet, garam, dan gula. Selain itu masih ada keripik atau biskuit kemasan yang mengandung zat-zat ini yang bila dikonsumsi berlebihan membuat kita cepat merasa haus. Jadi, boleh saja dikonsumsi, asal jangan terlalu banyak, ya.


2 comments:

Aris Armunanto said...

Saya pilih bawa nasi goreng dan lontong isi saja lah buat teman dalam perjalan

seribu bumbu said...

Pasti kenyang ya, mas. :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS