Supaya Masakan Tidak Mudah Gagal, Ikuti Resepnya Baik-baik

Tuesday, February 12, 2019




Kalau berniat memasak, kita pasti menginginkan hasil masakan yang enak. Tetapi kenyataannya sering berbeda, apalagi jika sedang mencoba resep baru. Hasil masakan tidak selalu langsung berhasil dan rasanya belum tentu enak.


Nah, ternyata membaca resep masakan dan mempraktikkannya juga ada kiat-kiatnya untuk meminimalkan kegagalan dan tentu saja supaya masakannya berhasil dibuat.

Pixabay


Baca seluruh isi resep dengan teliti. Kalau sudah dibaca semua, kita sudah bisa memiliki gambaran umum tentang prosesnya. Kalau perlu catat istilah-istilah takaran atau bahan-bahan yang tidak diketahui, kemudian cari tahu lebih lanjut.

Cari trik membuat suatu masakan. Misalnya nih, kalau kita tertarik untuk membuat resep donat kentang, cari tahu juga trik-trik untuk membuat donat yang tidak keras atau cara menggoreng donat yang benar. Lebih bagus lagi kalau Anda menemukan suatu resep yang sekaligus memberikan trik-triknya, jadi nggak perlu repot-repot mencari tahu lagi.

Hati-hati jika ingin memodifikasi resep. Ada resep banana cake yang kelihatannya enak banget. Salah satu bahan utamanya adalah pisang ambon. Anda nggak suka pisang ambon dan ingin mengganti dengan pisang kepok. Kira-kira bisa nggak, ya?

Urusan memodifikasi resep ini juga mesti dilakukan dengan hati-hati. Resep kue seperti bolu, kue kering, roti, pie, atau muffin membutuhkan bahan dan takaran yang tepat dan harus dimasak dengan teknik khusus. Jika dimodifikasi, hasilnya kemungkinan besar akan gagal. Kalau tetap ingin memodifikasi, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu.

Beda lagi kalau mau membuat resep masakan seperti sup, tumisan, gorengan, atau ikan/ayam/daging sapi panggang. Resep masakan lebih bisa diadaptasi atau dimodifikasi, misalnya diubah takarannya atau diganti bahannya sesuai selera.

Siapkan semua bahan dan peralatan dan praktikkan resepnya dengan hati-hati. Kalau sudah cocok dengan suatu resep dan ingin membuatnya, maka siapkan semua bahan dan peralatannya. Sudah membaca, belum tentu juga kita hapal dengan resepnya. Baca langkah pertama resep, kemudian praktikkan. Lakukan untuk langkah kedua, ketiga, dan seterusnya.

Sambil mengikuti resep, lihat juga kondisi masakan yang dimasak. Jika suatu resep cake mengharuskan untuk dipanggang selama 30 menit, namun sebelum 30 menit sudah tampak mulai kecokelatan menuju gosong, maka tentu cake itu harus segera dikeluarkan dari oven. Dari sini kita bisa evaluasi, misalnya mungkin suhu oven yang diatur ternyata terlalu tinggi, karena beda oven biasanya beda juga pengaturan suhunya.

Sudah disebutkan di atas, kiat-kiat ini tujuannya untuk meminimalkan kegagalan saat memasak. Jadi, bisa saja suatu resep sudah dieksekusi baik-baik namun hasilnya belum memuaskan. 

Tetapi jika sering memasak, berarti juga sering berlatih. Ibu-ibu yang sering memasak kemungkinan besar kemampuan memasaknya juga semakin lihai dan hasil masakannya pun semakin enak. Kadang-kadang juga karena sering memasak, kita jadi menemukan trik-trik tersendiri yang bisa mempercepat proses memasak atau membuat hasil masakan jadi lebih enak. 





No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS