Membuat Tumis Kerang Bumbu Tauco yang Cepat dan Mudah

Thursday, June 8, 2017


Sebenarnya saya membuat judul di atas karena akhir-akhir ini sering sekali menemukan judul-judul serupa di berbagai media online seperti “Menu Praktis untuk Santap Sahur” atau “15 Menit Membuat Tumis Sosis Saus Tiram”. Sepertinya kata-kata “praktis”, “cepat”, dan “mudah” banyak dicari orang yang ingin mencari resep-resep berbuka dan sahur. Oke, saya juga membuat judul seperti itu. Semoga saja karena judul seperti itu, artikel ini bisa cepat terindeks Google sehingga banyak dicari dan dibaca orang, hehehe.

Judul artikel ini menggunakan kata-kata ”cepat” dan “mudah”. Menu tumisan memang cepat dibuat dan relatif mudah. Cocok sekali jika dibuat pada malam hari sebelum tidur untuk disantap saat sahur. Meskipun saya bukan tipe orang yang suka memasak malam hari untuk santap sahur. Biasanya masakan dibuat pada sore hari dan dihangatkan menjelang sahur atau bahkan tidak dihangatkan sama sekali.

Seperti tertera pada judulnya, masakan ini menggunakan bumbu tauco sebagai bumbu utamanya. Menurut saya, ada rasa nutty atau rasa khas kacang pada masakan yang memakai bumbu tauco. Ya, tentu saja begitu, kan tauco terbuat dari kacang kedelai. Entah mengapa juga bahan masakan ikan dan sejenisnya cukup sesuai dipadukan dengan bumbu tauco ini.

Selain tauco, saya juga menambahkan kemangi. Saya menyukai aroma khas kemangi pada masakan. Jadinya ingin cepat-cepat makan karena makanannya mengeluarkan aroma harum kemangi dan terasa lebih sedap. Warna hijau kemangi yang berpadu dengan warna kuning kerang sangat serasi sehingga lagi-lagi bisa menimbulkan selera untuk menyantapnya.   

Bahan

200 gram kerang hijau kupas
8 cabai hijau kecil
½ buah tomat ukuran sedang
3 siung bawang merah
2 siung bawang putih
½ buah jeruk nipis
1 genggam kemangi
1 tangkai daun bawang
1 helai salam ukuran sedang
2 cm lengkuas, dikeprek
2 sendok makan tauco
¾ sendok teh garam
Minyak untuk menggoreng kerang dan menumis

Cara Membuat
1.Percikkan air jeruk nipis di atas kerang dan tunggu 15 menit, setelah itu cuci bersih.
2.Iris-iris bawang merah, bawang putih, cabai hijau, tomat, dan daun bawang.
3.Goreng kerang sebentar saja.
4.Tumis bawang merah dan bawang putih hingga layu.
5.Masukkan cabai hijau, tomat, daun salam, dan lengkuas. Aduk-aduk sebentar.
6.Masukkan kerang hijau, aduk-aduk hingga merata dengan bumbu.
7.Tambahkan tauco dan garam, aduk-aduk kembali hingga kerang matang dan lunak.
8.Sesaat sebelum diangkat, masukkan daun bawang dan daun kemangi. Aduk-aduk hingga layu. Angkat kerang dari kompor.


2 comments:

Sitti Taslimah said...

Iya, mba Eva. Saya saja sebelum ramadan ini juga sering menggunakan judul resep yang ada kata praktis dan ekonomisnya dengan tujuan biar cepat dideteksi sama pencarian Google. Heheheh

Eva Taurisia said...

Ayo kita toss...hehehe. Saya juga sering kok pakai permainan kata kunci biar cepet dideteksi Google. Cuma kadang inget, kadang enggak. Jadinya judulnya sering begitu-begitu aja, hehehe.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS