Tahu Isi Sayuran Sederhana

Wednesday, January 18, 2017


Dalam artikel sebelumnya, saya menulis resep sayur lodeh sayuran dan tahu. Tahu cokelat yang saya beli untuk sayur lodeh tersebut jumlahnya agak banyak, padahal yang dibutuhkan hanya sedikit. 

Akhirnya tahu cokelat yang tersisa saya buat tahu isi saja. Saya sebenarnya agak jarang membuat tahu isi, karena cukup memakan waktu. Bikinnya lama, tapi hasilnya cepat ludes dimakan dalam waktu singkat☺. Tetapi kadang-kadang pengen buat juga. 

Saya membuat tahu isi sayuran yang sederhana saja. Isinya cuma toge dan wortel. Bumbunya juga sederhana; bawang merah, bawang putih, garam, dan lada. Untuk kulit pelapisnya, saya menggunakan takaran dari resep tahu isi situs web Sajian Sedap. Dalam resep Sajian Sedap, digunakan telur, saya tidak menggunakannya.

Buat saya, membuat tahu isi harus dilakukan dengan hati-hati, terutama ketika mengeluarkan isi dan memasukkan isinya kembali. Kalau tidak hati-hati saat mengeluarkan dan memasukkan isinya, kulit tahu bisa robek, dan isinya bisa keluar berantakan.

Benar saja, setelah matang tahu isi ini hampir ludes dimakan. Meski begitu, menurut suami saya rasanya pasti lebih enak jika ditambah bubuk kaldu atau penyedap rasa. Saya memang tidak menggunakan bumbu ini, karena tanpa bubuk kaldu atau penyedap rasa, buat saya rasanya sudah cukup enak. Jadi kalau Anda mau menggunakannya, silakan saja, pokoknya disesuaikan dengan selera.

Bahan
15 buah tahu cokelat
40 gram toge
40 gram wortel (sekitar satu buah)
2 siung bawang merah
2 siung bawang putih
¾ sendok teh garam
¼ sendok teh lada bubuk
Minyak goreng untuk menumis dan menggoreng

Bahan Pelapis
100 gram tepung terigu
30 gram tepung beras
1/2 sendok teh garam
150 ml air es

Cara Membuat
1.Sayat salah satu sisi pinggiran tahu, keluarkan isinya (isi tahu ini nantinya akan ditumis bersama wortel dan toge).
2.Iris-iris wortel sebesar korek api.
3.Haluskan bawang merah, bawang putih, garam, dan lada.
4.Tumis bumbu halus hingga harum.
5.Masukkan wortel dan toge, aduk-aduk hingga layu.
6.Masukkan isi tahu, aduk-aduk sebentar, angkat.
7.Masukkan isi tahu yang sudah ditumis ke dalam tahu, lakukan sampai habis.
8.Campurkan tepung terigu, tepung beras, dan garam. Tambahkan air es, aduk rata.
9.Masukkan tahu yang sudah diberi isi ke dalam bahan pelapis, goreng hingga kecokelatan.





No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS