Menghilangkan Noda Karat pada Pisau Dapur dengan Jeruk Nipis

Saturday, November 12, 2016


Saat sedang merapikan dapur, saya melihat beberapa pisau yang berkarat. Karat tersebut tidak terlalu banyak dan terlihat hanya berupa noda-noda kecil saja, namun tetap saja tidak sedap dipandang mata. Saya berusaha menghilangkannya dengan sabun cuci piring dan air, namun noda karat tetap tidak bisa hilang.

Setelah mencari info, saya mencoba untuk menghilangkan noda karat dengan jeruk nipis. Noda karat tersebut saya tetesi dengan air perasan jeruk nipis dan digosok-gosok sebentar dengan potongan  jeruk nipis tersebut. Ternyata noda karat yang tipis mudah hilang sedangkan noda yang agak tebal belum bisa hilang.

Noda yang belum hilang tersebut saya tetesi kembali dengan air perasan jeruk nipis dan didiamkan sekitar 15 menit. Setelah 15 menit berlalu, noda karat mulai terlihat terlepas dari pisau. Saya pun menggosok noda karat pada pisau tersebut dan kali ini menjadi lebih mudah. Noda karat sudah benar-benar hilang dari pisau.


Setelah itu, pisau dicuci kembali dengan sabun cuci piring dan air seperti biasa. Kini pisau sudah terlihat bersih tanpa karat.

Mengapa jeruk nipis bisa menghilangkan karat? Jeruk nipis mengandung asam sitrat dalam kadar yang tinggi. Selain jeruk nipis, jeruk lemon juga mengandung asam sitrat dalam kadar tinggi. Asam sitrat inilah yang menjadi bahan yang ampuh untuk menghilangkan karat pada benda-benda berbahan logam.


Jadi, kalau ada barang-barang dapur yang berkarat, cobalah untuk dihilangkan dengan perasan jeruk nipis. Selain jeruk nipis, apa yang Anda gunakan untuk menghilangkan noda karat?
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS